Sabtu, 17 November 2012

ISO 17025 Standard Mutu Laboratorium

Sejarah dari ISO / IEC 17025 Persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi adalah standar ISO utama yang digunakan oleh laboratorium pengujian dan kalibrasi. Awalnya dikenal sebagai ISO / IEC Guide 25, ISO / IEC 17025 awalnya dikeluarkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi tahun 1999. Ada banyak kesamaan dengan ISO 9000 standar, tapi ISO / IEC 17025 menambahkan dalam konsep kompetensi untuk persamaan. Dan itu berlaku secara langsung kepada organisasi-organisasi yang menghasilkan hasil pengujian dan kalibrasi. Sejak rilis awal, rilis kedua dibuat pada tahun 2005 setelah disepakati bahwa hal itu diperlukan untuk memiliki kata-kata sistem mutu yang lebih erat selaras dengan versi 2000 dari ISO 9001.
Standar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1999 dan pada tanggal 12 Mei 2005 pekerjaan alignment ISO / CASCO komite yang bertanggung jawab untuk itu diselesaikan dengan penerbitan standar terakhir. Yang paling perubahan signifikan diperkenalkan lebih menekankan pada tanggung jawab manajemen senior, dan persyaratan eksplisit untuk perbaikan berkesinambungan dari sistem manajemen itu sendiri, dan khususnya, komunikasi dengan pelanggan. [1]
Isi ISO / IEC 17025 - ISO / IEC 17025 standar itu sendiri terdiri dari lima elemen yang Lingkup, Referensi Normatif, Istilah dan Definisi, Persyaratan Manajemen dan Persyaratan Teknis. Dua bagian utama dalam ISO / IEC 17025 adalah Manajemen Persyaratan dan Persyaratan Teknis. Persyaratan manajemen terutama terkait dengan operasi dan keefektifan sistem manajemen mutu dalam laboratorium. Persyaratan teknis meliputi faktor-faktor yang menentukan kebenaran dan keandalan pengujian dan kalibrasi yang dilakukan di laboratorium.
Laboratorium menggunakan ISO / IEC 17025 untuk menerapkan sistem mutu yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk secara konsisten menghasilkan hasil yang valid [2]. Hal ini juga merupakan dasar untuk akreditasi dari badan akreditasi. Karena standar adalah tentang kompetensi, akreditasi hanya pengakuan formal dari demonstrasi kompetensi yang. Sebuah prasyarat untuk laboratorium untuk menjadi terakreditasi adalah memiliki sistem manajemen mutu yang terdokumentasi. Isi biasa dari manual mutu mengikuti garis besar dari standar ISO / IEC 17025.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar